Sekda Kapuas Hulu Ikuti Reforma Agraria Summit Bali 2024

Kategori Berita

Sekda Kapuas Hulu Ikuti Reforma Agraria Summit Bali 2024

Sekda Mohd, Zaini (kiri), saat mengikuti saat mengikuti kegiatan Reforma Agraria Summit Bali 2024.

BALI, kapuasrayanews.com
- Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Penataan Agraria, menggelar Reforma Agraria (RA) Summit Bali 2024, yang dilaksanakan pada 14 hingga 15 Juni 2024, di The Meru Sanur, Denpasar, Bali.


Kegiatan tersebut diikuti oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Hulu, Drs. Mohd. Zani.


Hadir pula Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kalimantan Barat, Andi Tenri Abeng.


Untuk tema yang diusung dalam kegiatan tersebut yakni “Sinergi untuk Reforma Agraria Berdampak dan Berkelanjutan”.


RA Summit Bali 2024 tersebut membahas empat fokus yakni Resolusi Penyelesaian Legalisasi Aset Permukiman di Atas Air, Pulau-pulau Kecil, dan Pulau Terluar; Resolusi Penyelesaian Permasalahan Pertanahan Transmigrasi; Penyelesaian Konflik Agraria pada Aset BMN/BMD, BUMN/BUMD yang dikuasai masyarakat; serta Resolusi Penyelesaian Redistribusi Tanah dari Pelepasan Kawasan Hutan.


Adapun pada hari puncak, dihadiri langsung oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional selaku Ketua Harian Tim Percepatan Reforma Agraria Nasional, Agus Harimurti Yudhoyono.


Sebagaimana diketahui berdasarkan informasi yang diterima bahwa Kabupaten Kapuas Hulu memiliki Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) terbesar di Provinsi Kalimantan Barat.


Selain itu, Pemerintah Kapuas Hulu juga berhasil melakukan percepatan Redistribusi Pelepasan Kawasan Hutan (PKH) terbesar di Provinsi Kalimantan Barat yang juga sebagai bukti bahwa Pemerintah Daerah Kapuas Hulu ikut serta mensukseskan hal tersebut.


Adapun pada Tahun 2023 lalu, Kantor Pertanahan Kabupaten Kapuas Hulu juga berhasil mendapatkan juara 2 (dua) tingkat Nasional dalam pelaksanaan kegiatan Redistribusi Tanah dari TORA PKH terbaik Tahun 2023 oleh Kementrian ATR/BPN RI.


Sedangkan pada Tahun 2023 lalu pula, Kantor Pertanahan Kapuas Hulu juga berhasil mendapatkan Juara 1 tingkat Provinsi Kalimantan Barat dalam penyelesaian Redistribusi Tanah Tercepat Tahap 1 oleh Kanwil ATR/BPN Provinsi Kalimantan Barat. (Noto)

uncak