Sungai Badau Tersumbat, Kades Ajak Warganya Gotong Royong Bersihkan Sampah

Kategori Berita

Sungai Badau Tersumbat, Kades Ajak Warganya Gotong Royong Bersihkan Sampah

Bersama Kades Badau, warga bersihkan sampah yang menumpuk di aliran Sungai Badau di wilayah Perbatasan Nanga Badau (RI - Malaysia), Kamis (9/11/2023).

KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com -
Bersama warganya, Kepala Desa Badau terjun langsung gotong royong bersihkan sampah yang sudah menumpuk sungai Badau di Wilayah Perbatasan (Indonesia - Malaysia) Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, pada Kamis (9/11/2023).

Kepada media ini, Kades Badau Sukimin mengatakan, pembersihan sungai dilaksanakan mulai dari Badau Hulu hingga Badau Hilir  selama 2 hari, yang merupakan bagian dari Visi Misi yang dimuat dalam program kerja Kepala Desa Badau tahun 2023.

"Pembersihan sungai badau merupakan program Kepala Desa dengan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat secara langsung dengan tujuan untuk membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat sungai Desa Badau sehingga membuat kotor sungai”, jelas Sukimin.
Suasana warga bergotong royong saat bersihkan sampah yang menumpung di sepanjang aliran sungai Badau, Kapuas Hulu, (9/11/2023).

Ada beberapa titik penumpukkan sampah yang sangat banyak yaitu di Belakang PLN Badau dan di Badau tengah, ucapnya.

“Alhamdullillah, berkat dukungan dari seluruh masyarakat sungai badau sudah sedikit terlihat bersih dan lancar airnya mengalir", tuturnya.

Lebih lanjut Sukimin menjelaskan, dalam kegiatan gotong royong Pemdes Badau di bantu oleh BUMDesa Unit Persampahan untuk mengangkut menuju TPA yang telah di sediakan oleh desa melalui BUMDesa.

“Akibat tidak tersentuh dan menumpuk, sehingga menimbulkan bau tidak nyaman. Tapi berkat kerja sama Pemdes Badau dengan masyarakat kegiatan pembersihannya berjalan dengan lancar", ujarnya.
Suasana sungai Badau setelah dibersihkan.

Dengan kegiatan gotong royong ini di harapkan kepada masyarakat untuk mendukung program kerja agar Desa Badau bersih serta mengajak masyarakat untuk mengikuti program persampahan yang di laksanakan oleh desa melalui BUMDesa Unit Persampahan yang sudah berjalan setahun terakhir ini, harap Sukimin.

Dalam kegiatan gotong royong tersebut turut serta Bhabinkamtimmas, Babinsa, anggota Satgas Pamtas Yon Armed 10 Bradjamusti 1-1/Kostrad, perangkat desa, Ketua dan Anggota BPD Badau, Kepala Dusun, Ketua RT, Kadat desa, BUMDesa, PKK Desa dan Karang Taruna Desa Badau. (Amr/Rn)

uncak