Bupati Kapuas Hulu Tinjau Progres Pekerjaan Ruas Jalan Simpang Sayut - Nanga Saray

Kategori Berita

Bupati Kapuas Hulu Tinjau Progres Pekerjaan Ruas Jalan Simpang Sayut - Nanga Saray

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan beserta rombongan saat meninjau pembangunan jalan Simpang Sayur (Putussibau Selatan) menuju Nanga Saray (Kalis), Sabtu (16/9/2023).

KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com -
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kapuas Hulu, Marthen meninjau pembangunan ruas jalan Sayut Kecamatan (Putussibau Selatan) menuju Nanga Saray (Kalis), Sabtu (16/9/2023).

Setelah meninjau pekerjaan di ruas jalan tersebut Bupati Sis dan rombongan mengunjungi masyarakat di Dusun Nanga Saray, Desa Tapang Daan.

“Ini bukan kunjungan formal, kami meninjau jalan sekaligus bertemu masyarakat disini untuk bersilaturahmi,” kata Bupati saat bertemu masyarakat Nanga Saray.

Pada kesempatan yang sama Bupati Kapuas Hulu yang karib disapa Bang Sis menyampaikan bahwa dirinya ingin memberi tahu masyarakat terkait pembangunan yang sedang berjalan dan sedang diusulkan ke Pemerintah Pusat.

“Untuk pembangunan jalan Sayut - Nanga Saray itu ada pembangunan jembatan box, pengaspalan, penimbunan yang berasal dari DAK Pemda Kapuas Hulu sebesar Rp12 miliar,” jelas Bupati Kak.

Hanya saja dari dana itu baru bisa diselesaikan di depan jalan saja. Sebab pembangunan jalan yang standar sampai aspal itu Rp6 miliar per kilometernya, lalu jarak dari Sayut ke Nanga Saray sepanjang 13 Km,” terangnya.

Namun Menteri PUPR dan Ketua Komisi V DPR RI Lasarus sempat mampir dan meninjau jalan Sayut-Nanga Saray. Dari program Inpres konektifitas jalan daerah ke jalan nasional sudah sampaikan Pemda Kapuas Hulu juga ke Menteri PUPR dan Ketua Komisi V DPR RI. Dari usulan itu kemungkinan ada penambahan peningkatan jalan dari Kementerian PUPR RI di ruas jalan Sayut - Nanga Manday, semoga bisa sampai aspal dan penggusuran ke arah Nanga Manday, harap Kak.

“Ini anggaran selanjutnya Rp32 miliar yang akan dikucurkan melalui impres. Ini wujud kepedulian kami terhadap masyarakat di Desa Tapang Daan dan sekitarnya,” ucap Bupati.

Dari pembangunan jalan ini tentu bisa membuka pembangunan yang lain, misalkan PLN. Tapang Daan sudah masuk perencanaan pembangunan PLN serta tahun ini dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu juga ada akan dibangun sekolah, ungkapnya.

"Disisi lain sudah ada tower BTS, semoga kedepannya bisa aktif," ujarnya.

Bupati Kapuas Hulu juga menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk membantu agar program pembangunan bisa berjalan lancar. Komunikasikan saja semuanya dengan baik, pungkas Bupati Kak. (Amr)

uncak