Tingkatkan Capaian Kinerja ASN, Disporapar Kapuas Hulu Luncurkan Program SILOK

Kategori Berita

Tingkatkan Capaian Kinerja ASN, Disporapar Kapuas Hulu Luncurkan Program SILOK

Logo Program SILOK (Sistem Informasi Laporan Kinerja) Disporapar Kapuas Hulu, Kalbar.

KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com -
Dalam rangka meningkatkan kinerja ASN, Disporapar meluncurkan Program SILOK untuk menegakkan disiplin Pegawai Negeri Sipil khususnya di lingkungan Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu.

SILOK sendiri merupakan singkatan dari Sistem Informasi Laporan Kinerja pegawai yang digagas berdasarkan tugas Rencana Aksi Perubahan oleh Bapak Piet Soemaryoto, S.Hut, M.Si pada diklat PKA Angkatan I PPSDM Sumedang, Jawa Barat tahun 2023.

"Dengan motto “Disporapar Lebih Disiplin, Lebih Berkinerja” lahirnya SILOK dilatar belakangi karena rasa peduli pada kondisi ASN di lingkungan Disporapar Kapuas Hulu yang selama ini tingkat kedisiplinannya masih kurang maksimal," tutur Sekretaris Disporapar Kapuas Hulu Piet Soemaryoto, kepada media ini usai Launching Program SILOK di Kantor Disporapar, Kamis (6/7/2023).

Lebih lanjut Piet menjelaskan, SILOK merupakan sistem informasi laporan kinerja berbasis platform sederhana yaitu google form, dimana ASN Disporapar menyampaikan laporan kegiatan hariannya beserta evidence via platform tersebut yang kemudian akan divalidasi oleh operator SiLOK. 
Foto bersama seluruh PNS di lingkungan Disporapar Kapuas Hulu, usai Launching Program SILOK, Kamis (6/7/2023).
"Kurangnya motivasi dan etos kerja pegawai untuk melakukan tanggung jawabnya sebagai ASN mengakibatkan capaian kinerja tidak maksimal menjadi penyebab utama tingkat disiplin yang rendah, sehingga hal ini dapat dilihat dari presensi kehadiran pegawai dan capaian SAKIP Disporapar dalam satu tahun kebelakang", terangnya.

Untuk itu, pimpinan perlu melakukan tindakan penegakkan disiplin agar kinerja pegawai dapat meningkat, dan yang paling utama adalah pemimpin harus menjadi contoh teladan bagi pegawainya dan memiliki komitmen yang kuat untuk keberhasilan program tersebut, ungkap Piet.

"Dengan SILOK ASN pimpinan dapat memonitor kinerja harian dan dapat menjadi dasar evaluasi kinerja dan pembinaan pegawai," tegasnya.

Diharapkan dengan berjalannya program ini dapat menambah motivasi dan meningkatkan capaian kinerja ASN khususnya di lingkungan Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu, harapnya. (Amr)

uncak