Sebagai Cagar Budaya, Bupati Sis Tancap Tiang Pertama Pembangunan Rumah Betang Urang Unsa

Kategori Berita

Sebagai Cagar Budaya, Bupati Sis Tancap Tiang Pertama Pembangunan Rumah Betang Urang Unsa

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan saat melakukan penancapan tiang pertama pembangunan rehabilitasi rumah Betang Urang Unsa, Kapuas Hulu, Kalbar, Minggu (9/7/2023).

KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com -
Pemerintahan Pusat telah merealisasikan Pembangunan Rehabilitasi Rumah Betang Lunsa Hilir, Desa Urang Unsa, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melakukan penancapan tiang pertama Pembangunan Rehabilitasi Rumah Betang Lunsa Hilir, Minggu (9/7/2023).

Kegiatan itu dilakukan dengan prosesi adat Dayak Taman Kapuas.

Kelompok Pelestari Adat Lunsa Hilir, Naigi mengatakan sesuai tradisi Dayak Taman, tancap betang selalu ada ritual. Kali ini Pemda Kapuas Hulu harus menancapkannya lewat pak Bupati. 

“Selama pembangunan ini berjalan baik, kami berterima kasih kepada Pemerintah Pusat, Pak Bupati dan Pak Lasarus, yang telah membangun bagian kedua rumah betang kami ini,” ucapnya.

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengatakan, keinginan ingatan atau rehabilitasi cagar budaya Betang Lunsara ini sudah lama disuarakan masyarakat pada saat kunjungan pak Menteri bersama pak Lasarus dan langsung meninjau rumah Betang Lunas Hilir.
Pertemuan bersama antara Bupati Kapuas Hulu bersama warga masyarakat Lunas Hilir di Betang Urang Unsa, Minggu (9/7/2023).

“Berkat ini perlu kita syukuri, banyak betang di Kapuas Hulu namun betang ini bisa mendapat perhatian,” ujar Bupati Kak, akrab sapaannya.

Kak berharap pembangunan rehabilitasi rumah Betang Lunsa Hilir bisa selesai tepat waktu. Masyarakat setempat dan pihak pelaksana juga harus saling mendukung. 

"Bila terealisasi nanti kita usahakan pak Menteri PUPR dan pak Lasarus datang ke sini, sekaligus melihat beberapa pembangunan lain dari Pemerintah Pusat yang masuk ke Kapuas Hulu," ungkap Bupati Sis.

Dalam kegiatan penancapan tiang rehabilitasi Rumah Betang Lunsa Hilir, Bupati Sis didampingi para Kepala OPD Kapuas Hulu dan Anggota DPRD Kapuas Hulu, Antonius Thambun. (Amr)

uncak