Diresmikan Bupati Sis, Air Terjun Medang Pulang Icon Wisata di Kapuas Hulu

Kategori Berita

Diresmikan Bupati Sis, Air Terjun Medang Pulang Icon Wisata di Kapuas Hulu

Obyek Wisata Air Terjun "Medang Pulang" di Dusun Sungai Medang, Desa Tani Makmur, Kec. Hulu Gurung, Kab. Kapuas Hulu, Kalbar.

KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com -
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan Meresmikan Bantuan Sarana dan Prasarana Pendukung Objek Wisata Air Terjun "Medang Pulang" di Dusun Sungai Medang, Desa Tani Makmur Kecamatan Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Sabtu (1/7/2023 ).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Tani Makmur Tino mengatakan Wisata Air Terjun Medang Pulang merupakan salah satu ikon yang membanggakan Desa Tani Makmur. Untuk itu diminta juga terus berupaya mengembangkan objek wisata tersebut.

"Kami sudah mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat yang terdiri dari toilet umum sebanyak 6 unit, gazebo 2 unit, kedai 4 unit dan jalan lingkungan," ucap Tino.

Lebih lanjut lagi, tempat wisata air Terjun Medang Pulang telah dirintis sejak tahun 1992 dan 70% dilakukan secara gotong royong oleh masyarakat, sehingga permintaan juga berharap pemerintah daerah bisa memberikan perhatian tambahan, jelas Tino.

“Ada kebutuhan yang mendesak juga seperti akses jalan dan jembatan, karena merupakan akses utama masyarakat terutama untuk memperlancar perekonomian masyarakat. Dua poin ini sangat penting bagi masyarakat kita saat ini,” ungkap Tino.
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan meresmikan Wisata Air Terjun "Medang Pulang", Sabtu (7/1/2023).
Pada kesempatan yang sama Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan yang akrab disapa Bang Sis, memberikan apresiasi kepada pihak desa karena telah konsisten untuk merawat dan mengelola tempat wisata air terjun Medang Pulang.

“Tempat ini telah memberikan dampak ekonomi yang baik bagi masyarakat setempat dan terima kasih juga kepada Bapak Lasarus yang telah membantu memperjuangkan sarana dan prasarana wisata sehingga bisa dibantu dari pusat pemerintahan,” ucap Bupati Sis.

Sis juga menyampaikan hasil pemantauan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu pada tanggal 19 - 25 April 2023 sebanyak 4.745 wisatawan yang berkunjung.

“Artinya tempat ini sangat produktif dan strategis karena banyak pengunjungnya,” terang Sis.

Bupati Sis juga berpesan kepada pihak pengelola agar tempat wisata dikelola dengan sedemikian rupa dan baik.

"Kami dari Pemda telah mengusulkan sarana dan prasarana, mudah-mudah bisa di proses dan terealisasi. Saya sudah perintahkan dinas PU untuk memperhatikan sarana dan prasarana disini seperti jalan dan jembatan," ungkapnya. (Amr)

uncak