Banjir Besar Landa Wilayah Perbatasan, Akses Jalan Nasional Lumpuh Total

Kategori Berita

Banjir Besar Landa Wilayah Perbatasan, Akses Jalan Nasional Lumpuh Total

Banjir besar Landa wilayah perbatasan di Ukit - Ukit, Desa Labian, Kec. Batang Lupar, Kapuas Hulu, Kalbar, Sabtu (8/7/2023).

KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com - Akibat curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir, menyebabkan beberapa sungai di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu meluap.

Seperti halnya yang terjadi di wilayah perbatasan di Dusun Ukit - Ukit, Desa Labian, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, mengalami banjir besar.

Dimana Sabtu (8/7/2023) telah terjadi banjir di wilayah tersebut akibat meluapnya salah satu sungai yaitu sungai Labian.

Saat dihubungi media ini, Petrus Kanisius Haryanto yang merupakan salah satu warga Ukit - Ukit mengatakan benar telah terjadi banjir yang cukup besar pada hari ini.
Kondisi jalan Nasional menuju perbatasan yang lumpuh total akibat banjir, Sabtu (8/7/2023).

"Benar bang telah terjadi banjir di Ukit - Ukit Desa Labian hari ini," kata Petrus kepada media ini, Sabtu (8/7/2023).

Banjirnya cukup besar hingga kejalan raya akibat meluapnya sungai Labian, sehingga kurang lebih 80% hampir merata merendam rumah warga di Ukit - Ukit, tuturnya.

"Puncak air mulai menggenangi pemukiman warga dari sejak subuh, dini hari tadi. Dan hingga siang ini sudah naik kejalan raya sehingga akses transfortasi motor maupun mobil tak bisa lewat," terangnya.

Lebih lanjut Petrus mengungkapkan, jika sudah puluhan tahun dan baru kali ini wilayah Ukit - Ukit Desa Labian mengalami banjir yang cukup besar.

"Mudah - mudahan banjirnya bisa cepat surut kembali sehingga warga masyarakat bisa beraktifitas kembali seperti biasa, harapnya. (Amr)

uncak