Bupati Kapuas Hulu Resmikan Wisata "Batu Ancau" di Sungai Abau Wilayah Perbatasan

Kategori Berita

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Wisata "Batu Ancau" di Sungai Abau Wilayah Perbatasan

Penguntingan Pita oleh Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, saat meresmikan tempat pemandian Wisata "Batu Ancau" Desa Sungai Abau, Kec. Batang Lupar, Kamis (15/6/2023).

KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com -
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan meresmikan tempat Wisata Pemandian Batu Ancau yang dikelola oleh unit Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Telaga Kumang Pegari Desa Sungai Abau Kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (15/6/23).

Dalam sambutannya, Kepala Desa Sungai Abau, Emanuel Badi menyampaikan bahwa tempat wisata yang dikelola oleh BUMDES Telaga Kumang Pegari Desa Sungai Abau sudah memiliki ijin pendirian yang keluar pada bulan Januari 2023 dari kementerian Hukum dan HAM.

"Kami membuat ijin agar pengelolaan tempat wisata ini bisa menarik retribusi kepada pengunjung," kata Badi.

Badi menambahkan, dari bulan Januari - Juni tahun 2023, tempat wisata pemandian Batu Ancau telah dikunjungi sebanyak kurang lebih 3 ribu pengunjung.

"Bahkan ada dari luar negeri seperti Negara Malaysia sebanyak 102 orang, Lokal atau masyarakat setempat dan sekitaran 2.750 orang dan 650 orang dari luar desa," jelas Badi.

Badi juga menginformasikan, bagi masyarakat yang ingin berkunjung akan dikenakan retribusi, retribusi itu nanti akan digunakan untuk pengembangan tempat wisata, terangnya.

"Untuk parkir mobil Rp5.000, motor Rp2.000, sedangkan untuk tiket masuk ke tempat wisata Rp10.000/orang," pungkas Emanuel Badi.
Area tempat pemandian Wisata "Batu Ancau" yang diresmikan Bupati Sis, Kamis (15/6).
Pada kesempatan yang sama, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan memberikan apresiasi kepada aparatur Desa Sungai Abau yang telah mampu untuk mengembangkan BUMDES untuk lebih produktif.

"Saya yakin tempat ini akan berkembang, fokus saja untuk pengembangannya, nanti kita akan membantu untuk mempromosikan melalui media," tutur Fransiskus Diaan.

Fransiskus Diaan yang akrab disapa Bang Sis juga berharap kepada pengelola tempat wisata agar bisa memperhatikan kebersihannya.

"Perbanyak tempat pembuangan sampah agar tempat ini bersih. Saya berharap tempat ini kedepannya bisa menjadi nilai tambah untuk meningkatkan perekonomian desa maupun masyarakat," ungkap Sis.

Perlu diketahui juga bahwa tempat wisata permandian Batu Ancau tersedia juga 3 unit Gazebo, telampung 6 pcs dan 2 bebek engkol yang bisa digunakan oleh pengunjung. (Amr)

uncak