Perdalam Ilmu, Mahasiswa Prodi TPHP PDD Polnep Kapuas Hulu Dilepas untuk Ikuti PKL

Kategori Berita

Perdalam Ilmu, Mahasiswa Prodi TPHP PDD Polnep Kapuas Hulu Dilepas untuk Ikuti PKL

Suasana pelepasan mahasiswa-mahasiswi Program Studi (Prodi) Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan, Program Studi Diluar Domisili Politeknik Negeri Pontianak (PDD Polnep) di Kapuas Hulu, untuk mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL).

KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com - Mahasiswa-mahasiswi Program D3 Program Studi (Prodi) Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP) di kampus Program Studi Diluar Domisili Politeknik Negeri Pontianak (PDD Polnep) di Kapuas Hulu, yang beralamat di Jalan Danau Sentarum Putussibau, dilepas, untuk mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL), Rabu (01/03/2023).

Suasana pelepasan mahasiswa-mahasiswi Program Studi (Prodi) Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan, PDD Polnep di Kapuas Hulu, untuk mengikuti Praktek Kerja Lapangan.


PKL merupakan mata kuliah praktikum dengan bobot 5 SKS, yang ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan pada semester V, dimana mata kuliah tersebut mewajibkan mahasiswa untuk melakukan terjun praktek langsung terhadap sebagian atau keseluruhan kegiatan proses produksi di bidang pengolahan hasil perkebunan, dengan bimbingan dari pembimbing lapangan maupun dosen pembimbing PKL yang ditunjuk, yang selanjutnya mahasiswa diwajibkan membuat laporan PKL dan kemudian dipresentasikan dalam bentuk seminar untuk memperoleh penilaian akhir.


PKL sebagai bagian dari kegiatan proses kegiatan belajar-mengajar, merupakan kegiatan mahasiswa untuk memahami lebih jauh keterkaitan antara teori dan praktek yang telah diterima sejak semester I sampai semester V pada kegiatan usaha dan profesi dalam bidang pengolahan hasil perkebunan.


Penyelenggaraan PKL melibatkan dunia industri pengolahan hasil perkebunan dan instansi pemerintah terkait sebagai tempat pelaksanaan PKL mahasiswa, dimana kegiatan PKL pada akhirnya dapat dijadikan ajang untuk mengetahui sejauh mana kualitas mahasiswa Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan Politeknik Negeri Pontianak di Kapuas Hulu.


Oleh karena itu, diperlukan usaha yang sungguh-sungguh dalam upaya penyelenggaraan PKL tersebut agar dapat memberikan kontribusi yang nyata, baik untuk mahasiswa itu sendiri khususnya maupun bagi usaha pengolahan perkebunan pada umumnya.


PKL bertujuan agar mahasiswa mengetahui dan menghayati proses produksi pengolahan hasil-hasil perkebunan mulai dari bahan baku, processing, mesin peralatan dan pemasaran produk tersebut sehingga memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas dalam mempersiapkan diri pada dunia industri yang ada di Kapuas Hulu dan Kalimantan Barat khususnya.


Ada beberapa industri yang dituju mahasiswa dalam PKL tersebut diantaranya PT. Buana Tunas Sejahtera Badau (KCP), PT. Kapuasindo Palm Industri (Tawang Mill) Badau, PT. Buana Tunas Sejahtera Seriang Mill Badau, PT. Wahana Plantation And Product sintang, PT. Parna Agro Mas Sekadau, PT. Pramita Internusa Pratama Belian Mill sekitar, PT. Sintang Agro Mandiri, PT. Riau Agrotama Plantation, PT. Multi Prima Entakai Sanggau, PT.  Sumber Hasil Prima Sintang dan CV. Horti Qua Putussibau.


Paskarada Juanti, S.Si., M.P, yang merupakan  Kepala Program Studi (Kaprodi) Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan, memiliki harapan besar kepada mahasiswa PDD Polnep di Kapuas Hulu, agar bisa menjalin kerjasama dengan baik dengan pihak-pihak tempat di mana mereka mengadakan PKL.


"Semoga para mahasiswa-mahasiswi ini nantinya dapat menerapkan ilmu yang mereka dapatkan ke dalam dunia industri," harapnya.


Sementara itu, Vika Yudistina, SP. MP, selaku Koodinator PKL, berpesan kepada para mahasiswa-mahasiswi yang akan mengikuti PKL tersebut, untuk selalu menjaga nama baik almamater kampus.


"Junjung tinggi etika, tutur kata dan sopan santun di dalam melaksanakan tugas ini," pesan Vika.


Penulis: Sam Tyo

Editor : Noto



uncak