PDD Polnep Kapuas Hulu Terus Berinovasi

Kategori Berita

PDD Polnep Kapuas Hulu Terus Berinovasi

Deviani, mahasiswi PDD Polnep Kapuas Hulu yang melakukan inovasi minuman Yoghurt dari jeruk siam.

KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com
Mahasiswa Program Studi Diluar Domisili (PDD) Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) di Kabupaten Kapuas Hulu, yang beralamat di Jalan Danau Sentarum Putussibau, tidak pernah merasa letih untuk mengembangkan ilmu yang sudah didapat sejak semester I ( satu) hingga semester V (lima), dengan penerapan pada semester VI (enam) ini, Rabu (8/3/2023).

Hal tersebut merupakan suatu kebanggaan tersendiri, dimana kelak lulusan PDD Polnep di Kabupaten Kapuas Hulu, diharapkan mampu bersaing, baik bersaing di bidang perkembangan teknologi, maupun siap di dunia kerja.

Hal itu pula tidak terlepas dari andil para dosen di Kampus tersebut, dimana tak henti-hentinya memberikan ilmunya kepada mahasiswa-mahasiswinya.

Atas dasar itulah tercetus sebuah inovasi yang berjudul "Pembuatan Yoghurt dari Jeruk Siam Pontianak (Citrus nobilis var Microcarpa) dengan Variasi lama Waktu Fermentasi".

Inovasi tersebut dilakukan oleh seorang mahasiswi atas nama Deviani, dengan bimbingan seorang Dosen di bidangnya, yaitu Vika Yudistina, SP, MP beserta Kepala Program Studi, yang selalu mensupport-nya yaitu Paskarada Juanti, S.Si. MP, yang merupakan Program Studi D3 Teknologi Pengelohan Hasil Perkebunan.

Sebagaimana diketahui, produksi jeruk siam (kepok) di Indonesia sebagian besar berasal dari Sumatera Utara, Jawa Timur dan Kalimantan Barat.

Khusus untuk Provinsi Kalimantan Barat, menghasilkan 78,7 persen produksi, yang berasal dari Kabupaten Sambas.
Yoghurt, hasil inovasi dari Jeruk Siam.

Seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, kegiatan Agroindustri semakin luas dan produksi yang dihasilkan beraneka ragam pangan, dimana merupakan suatu permasalahan yang vital karena menyangkut kebutuhan gizi seseorang.

Guna menunjang hal tersebut, diperlukan makanan yang memiliki nutrisi baik dan tentunya didukung oleh teknologi pengolahan pangan yang tepat.

Adapun Yoghurt, merupakan salah satu minuman pencuci mulut yang tidak asing di masyarakat dimana memiliki rasa asam, manis dan menyegarkan, yang menjadi ciri khas dari yoghurt tersebut.

Yoghurt juga merupakan minuman kemasan yang mengandung susu, dimana di dalam Yoghurt tersebut terdapat bakteri yang sangat menguntungkan yaitu Lactobacillus, acidophilus, L bugaricus, dan S thermodphilus. Youghurt, yang sangat baik untuk kesehatan.

“Inovasi yang dilakukan ini untuk mengetahui karakteristik fisik atau kekentalan kimia yang meliputi pH, TSS, kadar abu, kadar vitamin C, uji asam laktat dan uji mikroba,” jelas Deviani. (Sam Tyo)

uncak