Civitas Akademika PDD Polnep Kapuas Hulu Gelar Seminar Menulis, Berharap Diaplikasikan ke Masyarakat

Kategori Berita

Civitas Akademika PDD Polnep Kapuas Hulu Gelar Seminar Menulis, Berharap Diaplikasikan ke Masyarakat

Civitas Akademika Program Studi Diluar Domisili Politeknik Negeri Pontianak (PDD Polnep) di Kabupaten Kapuas Hulu, menggelar seminar menulis kepada Unit Kegiatan Mahasiswa Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (UKM IPTEK).

KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com - Di perguruan tinggi, mahasiswa dilatih untuk menghasilkan karya ilmiah seperti makalah, laporan laboratorium, dan tesis, dimana tesis umumnya merupakan laporan penelitian berskala kecil, namun dilakukan dengan cukup mendalam.


Sebagaimana yang digelar oleh Civitas Akademika Program Studi Diluar Domisili Politeknik Negeri Pontianak (PDD Polnep) di Kabupaten Kapuas Hulu, yang beralamat di Jalan Danau Sentarum Putussibau, yang menggelar seminar kepada Unit Kegiatan Mahasiswa Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (UKM IPTEK), Sabtu (25/02/2023).

Seminar menulis yang digelar oleh Civitas Akademika Program Studi Diluar Domisili Politeknik Negeri Pontianak (PDD Polnep) di Kapuas Hulu.

Seminar tersebut mempelajari materi atau teknik tentang penulisan, khususnya penulisan karya ilmiah.


Adapun tema yang diusung dalam seminar tersebut yakni "Menulis Ilmiah Membuka Pintu Wawasan".


Ada tiga narasumber (pemateri) dalam kegiatan tersebut, yakni Diah Mustika Lukitasari, S.TP.,M.P,  dan Muhammad Nasir, S. Pi. serta Vika Yudistina. S.P.,M.P.


Selaku pemateri pertama, Diah Mustika Lukitasari, menyatakan bahwa kegiatan yang digelar tersebut diharapkan dapat dikembangkan dan diaplikasikan sehingga berguna untuk masyarakat luas.


"Alhamdulilah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar, semoga materi yang diberikan tersebut kedepannya bisa dikembangkan dan diaplikasian menjadi sesuatu yang berguna bagi masyarakat luas," ujar Diah Mustika Lukitasari.


Sementara itu, Muhammad Nasir, selaku pemateri Kedua, berharap agar mahasiswa maupun mahasiswi semakin banyak yang aktif dalam kegiatan-kegiatan penulisan sekaligus mampu berkompetisi, baik di level internal maupun skala nasional.


"Karena dalam penulisan ini akan meningkatkan kemampuan dan pengembangan diri dari mahasiswa-mahasiswi itu sendiri," tutur Nasir.


Pada kesempatan yang sama, Vika Yudistina, selaku pemateri ketiga, yang juga merupakan pembina UKM IPTEK, memiliki harapan besar kepada mahasiswa agar bisa menulis karya ilmiah sebagai tugas akhir, serta paper maupun makalah secara inovatif, kreatif dan mandiri.


Selain itu, Ketua IPTEK, Bintang Permatasi, juga berharap kepada para mahasiswa-mahasiswi khususnya yang menimba ilmu di PDD Polnep Kapuas Hulu, agar nantinya bisa membawa nama baik di masyarakat.


"Semoga mereka mampu menjadi lulusan yang bermartabat, dimana bisa membawa nama baik di masyarakat, bangsa maupun negara tercinta ini," harap Bintang.


Penulis: Sam Tyo

Editor : Noto 

uncak