11 Kecamatan Terdampak, Bupati Sis Tinjau Lokasi Banjir

Kategori Berita

11 Kecamatan Terdampak, Bupati Sis Tinjau Lokasi Banjir

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, saat meninjau lokasi banjir di Kecamatan Bika, (Selasa (15/11/2022).

KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com -
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan atau yang akrab disapa bang Kak,meninjau lokasi banjir di Kecamatan Bika, Selasa (15/11/22) sore.

Banjir mulai bertambah karena curahan hujan yang tinggi dan membuat tiga sungai besar di sekitar Putussibau meluap sehinga berimbas ke Kecamatan - Kecamatan yang ada di sepanjang jalur sungai Kapuas khususnya.

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengatakan, kondisi air memang naik karena sungai Mendalam, Sibau dan Kapuas meluap, yang dikarenakan intensitas hujan yang cukup tinggi setiap harinya.

"Akibatnya hari ini ada 11 Kecamatan yang mengalami banjir," katanya, Selasa (15/11).

Menurut Sis, Kecamatan – Kecamatan yang dominan banjir di kawasan pesisir sungai Kapuas. Ia pun meminta Camat dan Kepala Desa segera menghimbau masyarakat agar siaga dan waspada banjir. 

“Kalau hujan terus setiap harinya, khawatir banjir bisa meluas,” ucapnya.

Bupati juga meminta kepada pihak desa agar cepat melakukan pendataan warga yang menembakkan banjir, kemudian segera laporkan ke pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu, agar Pemerintah bisa segera mengalirkan bantuan yang diperlukan untuk masyarakat,” pinta Sis.
 
Berdasarkan data BPBD Kapuas Hulu, sebelas kecamatan yang mengalami banjir adalah kecamatan Badau, Selimbau, Semitau, Suhaid, Silat Hilir, Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Embaloh Hilir, Bunut Hilir, Batang Lupar dan Jongkong, selesai. (Amr)

uncak