Tim Prodi TPHP PDD Polnep Kembangkan Produk Olahan Kelapa di Mentebah

Kategori Berita

Tim Prodi TPHP PDD Polnep Kembangkan Produk Olahan Kelapa di Mentebah

Penyerahan dokumen serta bantuan peralatan kegiatan PPM kepada tim PKK Desa Nanga Mentebah, Sabtu (26/7/2022).

KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com -
Tim Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (Prodi TPHP) Program Studi Diluar Domisili (PDD) Politeknik Negeri Pontianak jurusan Teknologi Pertanian, melaksanakan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di Kecamatan Mentebah, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

pada Sabtu tanggal 26 Juli 2022 kemarin Dalam kegiatan PPM tersebut, tim Prodi TPHP PDD POLNEP jurusan Teknoligi Pertanian berkesempatan berbagi pengetahuan dan keterampilan olahan pangan berbasis kelapa kepada Kelompok PKK di Desa Nanga Mentebah Kecamatan Mentebah, pada Sabtu (26/7/2022) lalu.

Dalam sambutannya, Ketua Tim PPM PDD Polnep Kapuas Hulu, Vika Yudistina mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Plt. Kades Nanga Mentebah dan perangkat desa serta peserta pelatihan dari PKK.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan karena kedatangan kami disambut dengan sangat baik dan antusias", kata Vika.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat merupakan salah satu kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan bagi seorang dosen, berbagi ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan disiplin ilmu yaitu pengolahan hasil perkebunan, ucapnya.

Selain itu, kegiatan program Pengabdian Pada Masyarakat ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan tentang pengolahan tanaman kelapa (Cocos Nucifera. L), keterampilan bagi masyarakat serta produk diantaranya cocopet (media tanam), selai kelapa, tepung kelapa (sebagai subtitusi tepung terigu), VCO, kecap kelapa, kelapa parut kering, dan kue-kue berbahan dasar tepung kelapa (cookies), jelas Vika.

"Kegiatan PPM di Desa Nanga Mentebah kali ini difokuskan pada diversifikasi produk olahan kelapa sebagai potensi lokal desa Nanga Mentebah untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat, mengembangkan teknologi pengolahan serta membentuk dan mengembangkan aktivitas mandiri masyarakat desa setempat", terangnya.
Tim PPM Prodi TPHP PDD POLNEP saat foto bersama tim PKK Desa Nanga Mentebah.

Dengan adanya kegiatan PPM ini, diharapkan kedepannya ibu-ibu PKK memiliki kemampuan membaca peluang bisnis wirausaha terutama untuk produk olahan kelapa dalam upaya meningkatkan nilai tambah dan nilai guna kelapa dalam memperbaiki perekonomian masyarakat setempat, harapnya.

"Seminimal mungkin produk yang kami ajarkan dipraktekkan di rumah sehingga bisa menjadi sajian keluarga,l", pungkas Vika.

Selaku Pelaksana Tugas (Plt) Desa Nanga Mentebah Jurusman, menyampaikan ucapan terima kasih kepada TIM PPM PPD Polnep Kapuas Hulu karena telah berbagi ilmu kepada warganya dalam pengolahan produk dari kelapa, tambahnya.

Saya juga menyampaikan harapan yang besar kepada Tim PPM agar kedepannya bukan hanya tambahan ilmu dan keterampilan kelapa saja yang diberikan kepada masyarakat Nanga Mentebah tetapi ada pembinaan yang berkelanjutan, harap Jurusman.

"Saya atas nama Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Nanga Mentebah, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim PPM yang telah berbagi ilmu kepada masyarakat kami, dan saya berharap kedepannya ada pembinaan bagi warga kami yang akan mengembangkan produk olahan dari kelapa ini", ungkapnya.

Setelah selesai mempraktekkan cara pengolahan produk kelapa, ketua Tim Pelaksana menyerahkan dokumen serta bantuan peralatan kegiatan PPM kepada Tim PPK Desa Nanga Mentebah yang diwakili oleh Plt. Kades Nanga Mentebah.

PPM kali ini diketuai oleh Vika Yudistina, SP., MP yang didampingi langsung oleh Ketua Program Studi TPHP, ibu Paskarada Juanti, S.Si., MP dengan anggota dari dosen, teknisi dan staf administrasi  dan mahasiswa Prodi TPHP PDD Polnep Kapuas Hulu sebagai pelaksana dan mentor kegiatan, yang mana Tim PPM  didampingi langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Desa Nanga Mentebah bapak Jurusman.

Release: Tim PPM Prodi TPHP PDD Polnep
Editor: Amrin.

uncak