Tutup Gawai Dayak di Silat Hulu, WAHYU: Sebagai Ajang Pelestarian Budaya di Era Modernisasi

Kategori Berita

Tutup Gawai Dayak di Silat Hulu, WAHYU: Sebagai Ajang Pelestarian Budaya di Era Modernisasi

Wabup Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat saat menghadiri penutupan acara Gawai Dayak di Desa Riam Tampang, Kec. Silat Hulu, Kapuas Hulu, Kalbar, Selasa (28/6/2022).

KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com -
Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat, ST, secara resmi menutup Gawai Ketemenggungan Suku Dayak Suang Ensilat, Desa Riam Tapang, Kecamatan Silat Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa (28/6/2022) .

Dalam Sambutannya Wahyudi Hidayat menyampaikan Gawai Dayak merupakan acara yang terinspirasi darinya, mengembangkan dan mengikuti budaya dan adat istiadat khususnya sub suku Dayak yang ada di Kapuas Hulu.

"Gawai Dayak dalam komunitas masyarakat Adat Dayak merupakan sebagai wujud rasa syukur atas apa yang telah kita kerjakan dan terima dari kemurahan tuhan sepanjang tahun," katanya.

Wahyu juga menambahkan kegiatan tersebut harus menjadi ajang pelestarian budaya dalam menghadapi perubahan budaya karena modernisasi.

"Karena itu, kegiatan ini harus benar-benar menjadi ajang pelestarian budaya ditengah gejolak masyarakat kita yang hidup dengan berbagai perubahan budaya karena modernisasi," ucapnya.
Wabup Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat saat menutup acara Gawai Ketemenggungan Suku Dayak Suang Ensilat, di Desa Riam Tampang, Kec. Silat Hulu, Kapuas Hulu, Selasa (28/6/2022)

Lebih lagi di era digitalisasi dan kemajuan teknologi saat ini, kita sebagai orang yang diharapkan secara konsisten untuk menjaga keberlangsungan adat istiadat dan budaya kita, peninggalan leluhur kita agar tidak punah, jelas Wahyu.

"Menjadi tugas kita lah untuk menjalankan dan mengajarkan adat istiadat kepada generasi muda kita tidak lupa akan budaya, sehingga mereka lebih mencintai kebudayaan daerah kita," tulisnya.

Wahyudi Hidayat juga menuturkan, Gawai Dayak juga dapat memunculkan ide-ide baru dan kekinian, dengan menggali budaya yang belum terekspos ke publik.

"Kedepan pada pesta Gawai Dayak munculkan ide-ide baru dan kekinian, dengan penggalian yang dapat terekspos agar semakin banyak kreativitas yang ditampilkan untuk masyarakat umum, karena banyak adat istiadat dan hal unik yang menjadi harta warisan leluhur, karena Dayak sudah maju, Dayak sudah berkembang dan menjadi suku bangsa yang bermartabat di negara kita," Pungkasnya. (Amr)

uncak