Banyak Desa di Kapuas Hulu Belum Selesaikan Laporan DD Tahap Pertama

Kategori Berita

Banyak Desa di Kapuas Hulu Belum Selesaikan Laporan DD Tahap Pertama

Alfiansyah, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas Hulu.

KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com
- Desa-desa di Kapuas Hulu masih ada yang belum menyelesaikan Laporan Pertanggungjawaban keuangan Dana Desa pada tahap pertama, karena tidak ada jaringan internet. 

"Masalah jaringan ini yang disampaikan camat kepada kami sehingga ada juga desa yang belum menyelesaikan laporan keuangan dana desa tahap pertama, sehingga mempengaruhi desa tersebut untuk mengajukan pencairan Dana Desa tahap kedua," kata Alfiansyah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas Hulu baru - baru ini. 

Alfiansyah menyampaikan, dari 278 desa di Kabupaten Kapuas Hulu masih terdapat 138 desa yang belum mengajukan pencairan Dana Desa tahap dua.

"Total dana desa Kapuas Hulu Tahun Anggaran 2021 kurang lebih sebesar Rp276 miliar, sedangkan yang sudah terserap sekitar 57,8 persen," ujarnya. 

Alfiansyah mengatakan, untuk target serapan anggaran dana desa hingga akhir September diharapkan bisa mencapai 75 persen.

"Jadi ini sudah cukup baik serapan sudah 57,8 persen, meski pun harapan kami hingga akhir September nanti bisa mencapai 75 persen, saya kira bisa tercapai," ucapnya.

Lanjut Alfiansyah, normatifnya bisa 80 persen, namun ada sejumlah desa yang mengalami keterlambatan tahap satu, berpengaruh kepada tahap dua dan tahap berikutnya.

Pihaknya sendiri kata Alfiansyah, sudah berupaya membantu pihak desa memfasilitasi penyediaan internet dengan telah disiapkannya ruangan yang bisa digunakan 24 jam oleh pihak desa, untuk kemudahan para kepala desa menyelesaikan laporan keuangan.

"Kami selalu berkoordinasi dengan Camat dan Kepala Desa terkait kendala-kendala di lapangan, bahkan kami siapkan ruangan di kantor untuk para kepala desa," pungkasnya. (Amr)



uncak