Antisipasi Karhutla di Bengkayang, Dirbinmas Polda Kalbar Lakukan Sosialisasi

Kategori Berita

Antisipasi Karhutla di Bengkayang, Dirbinmas Polda Kalbar Lakukan Sosialisasi

Dir Binmas Polda Kalbar saat meninjau lokasi yg rawan Karhutla di Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang, Jum'at (19/2/2021).

BENGKAYANG, KapuasRayaNews.com -
Kebakaran hutan dan lahan merupakan sebuah kejadian yang sudah di anggap tidak main-main lagi oleh semua elemen, baik pemerintah, masyarakat maupun institusi lain termasuk pihak Kepolisian.

Fenomena ini hampir setiap tahun terjadi saat menyambut musim kemarau tiba. Belajar dari kasus kebakaran yang telah terjadi selama ini,maka di anggap perlu di lakukan antisipasi sedini mungkin guna mencegah terjadi kembali kebakaran Hutan dan lahan.

Sabagai tindak lanjut dari antisipasi Karhutla tersebut Polda kalbar melalui Dir Binmas Polda Kalbar berkunjung ke wilayah hukum hukum Polres Bengkayang dan langsung menuju ke Polsek Lumar, guna berkoodinasi dengan pihak terkait diantarnya, Camat, Danramil, Kapolsek/Babinkamtibmas, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, pihak perusahaan (PSA)/PML, team siaga api serta kepala yang berada di wilayah kecamatan lumar, pada Jum'at (19/2/2021).

Setelah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait rombongan Dirbinmas polda kalbar langsung menuju ke lokasi PT PSA guna melakukan pengecekan peralatan dalam rangka persiapan penanganan Serta pencegahan karhutla di perusahaan PT PSA.

Dalam kesempatan tersebut Dirbinmas Polda Kombespol Andi Harsito S.I.K menyampaikan bahwa persiapan penanganan dan pencegahan karhutla dikarenakan turunnya intensitas hujan.

"Kita ketahui bahwa bulan ini, sekarang intensitas curah hujan sudah mulai berkurang, kita khawatirkan akan terjadinya kebakaran hutan akan semakin memuncak, kita mengantisipasi dan mensinergikan kesiapan dari masing-masing steakholder yang ikut berpartisipasi dalam penanggulangan bencana karhutla sehingga apabila ada kejadian kita sudah siap menanggulangi," tutur Andi Harsito.

Langkah kongkrit yang kita lakukan salah satunya mengecek kesiapan kelengkapan peralatan di masyarakat itu sendiri, kesiapan dari Kapolres, Kecamatan, dan PT PSA, mengenai antisipasi atau kegiatan kegiatan yang sudah di laksanakan oleh masyarakat stekhokder yang sudah di laksanakan,serta menghimbau kepada masayaratkat dalam membakar lahan untuk mematuhi aturan aturan yang sudah diatur dalam Pergub 103 tahun 2020, jelasnya.

Selanjutnya Camat Lumar, Ambeng, SI.P.,M.Si, mengungkapkan bahwa dari pihak kecamatan secara penuh mendukung kegiatan yang berkaitan dengan penangangan Karhutla.

"Kami semuanya mendukung kegiatan-kegiatan penanganan karhutla, terkadang pembukaan lahan itu pasti dengan cara di bakar, sehingga dengan adanya kegiatan himbauan pemerintah seperti yang disampaikan oleh Dirbinmas Polda Kalbar," ungkapnya.

Hal serupa pula di sampaikan oleh Suhardi Kepala Desa Belimbing Kecamatan Lumar, dirinya mengungkapkan bahwa secara penuh memberikan dukungan untuk kegiatan terhadap kesiapan masyarakat untuk mengantisipasi karhutla

"Saya selaku kepala desa Belimbing sangat mendukung akan kegiatan ini, dan selama ini juga pernah melakukan dan menyampaikan himbauan kepada masyarakat, seperti apa yang telah disampaikan oleh Camat Lumar. Terkait dengan mayoritas petani kita yang membuka ladang dengan cara di bakar tentunya hal ini kita juga sudah menyampaikan dengan masyarakat," ungkapnya. 

Kapolsek Lumar Ipda Sunardi, S.H, sangat mengapresiasi kunjungan Dir Binmas Polda Kalbar ke Mapolsek Kecamatan Lumar, dirinya berujar bahwa hal ini sebagai motivasi masyarakat khususnya desa belimbing dan perusahaan di mana masyarakat mayoritas adalah petani ladang tradisional dan sekaligus memberikan himbauan agar selalu memperhatikan aturan pemerintah tentang karhutla.

"Mari kita masyarakat Kecamatan Lumar ketika membakar lahan perlu memperhatikan dan mentaati aturan yang sudah di sampaikan oleh Pemerintah tentang karhutla serta harus melapor ke pihak Desa, pihak Kacamatan, pihak Polsek bahkan Polres, itu semua untuk harapan kita lebih baik kedepannya," tutup Kapolsek Lumar. (Limbong)

uncak