Sungai Landak Meluap, Puluhan Rumah Warga di Ngabang Terendam Banjir

Kategori Berita

Sungai Landak Meluap, Puluhan Rumah Warga di Ngabang Terendam Banjir

Rumah warga Ngabang yang terendam banjir.

LANDAK, KapuasRayaNews.com -
Akibat intensitas hujan yang cukup tinggi di Kecamatan Ngabang dan beberapa wilayah kecamatan perhuluan lainnya yang terjadi kemarin menyebabkan sungai Landak tak lagi mampu menampung debit air sehingga mengakibatkan wilayah Ngabang, Kabupaten Landak dikepung banjir, pada Kamis (14/1/2021).

Setelah kemarin kurang lebih 3 jam hujan deras mengguyur Kecamatan Ngabang dan kecamatan perhuluan berakibat pada meluapnya sungai Landak yang membentang di Kecamatan Ngabang. 

Hal ini diperparah dengan karakteristik geografis Kecamatam Ngabang yang terletak lebih rendah dari kecamatan lainnya sehingga luapan sungai di kecamatan perhuluan bermuara di Kecamatan Ngabang.

Menyikapi hal tersebut Kapolsek Ngabang Kompol Pesta Tampubolon menerjunkan personilnya agar melakukan pengecekan langsung terhadap wilayah yang terdampak banjir dan melaporkan segera sebagai bahan koordinasi dengan pihak terkait.

"Ya, saya terjunkan mereka untuk cek langsung wilayah terdampak banjir dan koordinasi dengan pihak Desa bila mana diperlukan adanya evakuasi," ngkap Tampubolon.

Menurut Camat Ngabang Nomensen, ada puluhan rumah warga yang terendam dab saat melakukan pengecekan lokasi banjir Desa Hilir Tengah mengatakan untuk saat ini belum ada dilakukan evakusi namun bila terjadi evakuasi sementara akan ditampung di Kantor Kecamatan Ngabang.

"Pasko pengungsian yang lama di Koramil Ngabang sudah dalam kondisi rusak, lantainya turun jadi sementara kita arahkan di kantor Kecamatan dulu," ucap Nomensen singkat. (Yohanes/Rls)

uncak