Memprihatinkan, Jalan Dua Kecamatan di Kapuas Hulu Rusak Parah

Kategori Berita

Memprihatinkan, Jalan Dua Kecamatan di Kapuas Hulu Rusak Parah

Kondisi jalan menuju pusat Kecamatan Silat Hilir yang rusak parah. (Foto): Kiriman warga Silat Hilir inisial (SM).

KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com -
Memprihatinkan, jalan poros menuju dua kecamatan yaitu Silat Hilir dan Silat Hulu di Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat alami kerusakan yang cukup parah, dimana jalan tersebut merupakan jalan utama masuk menuju pusat kedua kecamatan tersebut.

Menurut penuturan salah satu warga Silat Hilir yang tidak mau namanya berinisial SM (40) kepada media ini beberapa waktu lalu, mengatakan jika jalan di dua kecamatan tersebut sudah lama kurang mendapat perhatian sehingga dalam beberapa tahun terakhir kerusakan yang cukup parah.

"Saya sering melewati jalan menuju kedua kecamatan tersebut, dan memang sangat memprihatinkan karena harus begelimang dengan lumpur akibat rusak parah yang dialaminya. Kita pun harus berhati-hati saat melewatinya karena licin bahkan tak jarang pengendara motor jatuh serta kendaraan mobil amblas karena terjebak dijalan yang rusak , "tutur SM.

Memang kondisi jalan tersebut sebelumnya tidak terlalu rusak parah walaupun belum seluruhnya, namun sudah beberapa tahun terakhir ini rata-rata badan jalannya rusak yang cukup parah. "Ibarat kata orang, dulu jalannya saat dilewati kita makan debu, sekarang makan lumpur," jelasnya.
Kondisi jalan yang rusak parah di wilayah Kecamatan Silat Hulu.

Bukan hanya jalannya saja yang rusak, namun banyak juga jembatan dengan kondisi memprihatinkan, apalagi jalan tersebut merupakan jalan poros menuju ibu kota kedua kecamatan, jadi sangat miris karena kurang perhatian lebih dari pihak yang terkait, tambahnya.

"Kalau dulu paling hanya satu atau dua titik saja yang rusak dan itupun tidak terlalu parah, sekarang boleh dikatakan rata kerusakannya. Dulu jarak tempuh dari simpang silat menuju pusat Kecamatan Silat Hilir sekitar 40-45 menit saja, tapi sekarang hanya waktu 1 jam lebih , "terangnya.

Banyak dari masyarakat khususnya warga Kecamatan Silat Hilir dan Silat Hulu mengharapkan jalan mereka mendapat perhatian khusus dari pemerintah, sebab jalan tersebut merupakan juga akses dalam menjalankan roda perekonomian masyarakat diberbagai bidang serta aspek kehidupan, harapnya. (Amr)


uncak