Dua Hari Sesat di Hutan, Tomo Warga Putussibau Akhirnya Ditemukan

Kategori Berita

Dua Hari Sesat di Hutan, Tomo Warga Putussibau Akhirnya Ditemukan

(Foto: Kanan), M. Adi Utomo (79), warga Putussibau Kota yang sempat hilang 2 hari karena sesat dihutan, akhirnya ditemukan dg selamat, Senin (21/12/2020).

KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com -
Diduga sesat karena lupa jalan pulang, M. Adi Utomo akrab disapa Tomo (79) warga Jalan WR. Supratman Kelurahan Putussibau Kota, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalbar, akhirnya bisa ditemukan dalam kondisi selamat.

Adapun kronologis kejadian menurut Ketua Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kapuas Hulu, M. Hatta kepada media ini, Senin (21/12/2020) mengatakan bahwa pak Tomo berangkat dari rumah pada hari Minggu (20/12) sekitar pukul 07:00 pagi hanya sendiri saja.

Dimana lanjut Hatta, berdasarkan penuturan korban, dirinya berangkat dari rumah ingin melihat tanahnya untuk dipasang patok yang berada di Trans Desa Pala Pulau, Kecamatan Putussibau Utara.

"Saat ingin mematok tanahnya dan terus berjalan kedalam hutan, akhirnya tidak ditemukan posisi batas tanah yang akan dipasang patoknya. Korban ingin kembali pulang sudah lupa jalan pulangnya, akhirnya berjalan menuju arah kiri dan tidak juga ditemukan jalan pulangnya," tutur Hatta.

Karena tidak menemukan jalan pulangnya hingga sore dan korban tau jika dirinya sesat didalam hutan, akhirnya pasrah kepada Allah saja dan tidur dihutan karena hari sudah malam, walaupun kondisinya dalam keadaan lapar dan haus, jelas Hatta.
"Karena tidak ada makanan yang dibawa dan ditemukan, akhirnya korban hanya meminum air di dalam hutan saja untuk menahan laparnya," ungkapnya.

Kemudian lanjut Hatta, setelah pagi keesokan harinya Senin (21/12), korban melanjutkan perjalanan kembali, akhirnya korban mendengar ada suara mesin senai dan mendatangi arah suara senso tersebut. Akhirnya korban menemukan jalan dan menemukan pekerja yang membawa kayu balok menggunakan sepeda dan mengikuti pekerja tersebut hingga pulang menuju sowmel yang berada di wilayah trans Pala Pulau juga.

"Korban pak Tomo ditemukan pekerja sawmel sekitar pukul 13:21 WIB, sedangkan tim yang melakukan pencarian menjemput korban datang ke sawmel sekitar pukul 13:40 WIB," kata Hatta.

Adapun tim yang melakukan pencarian kepada korban diantaranya BPBD Kapuas Hulu, Polsek Putussibau Kota, Pol PP Kapuas Hulu, Babinsa, TAGANA, TRC Pramuka serta masyarakat yang ikut pencarian korban, jelasnya. (Amr)

uncak