Tersisa Puing, 70 Lebih Bilik Rumah Betang di Sayut Ludes Terbakar

Kategori Berita

Tersisa Puing, 70 Lebih Bilik Rumah Betang di Sayut Ludes Terbakar

Puing-puing sisa dari kebakaran rumah betang di Desa Sayut, Kecamatan Putussibau Selatan, Kapuas Hulu, yang ludes terbakar, Sabtu (17/10/2020) malam.

KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com - Sekitar 70 lebih bilik Rumah Betang di Dusun Bulan Tinjo, Desa Sayut, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, ludes dilalap sijago merah, pada Sabtu (17/10/2020) sekitar pukul 20:15 WIB.

Musibah kebakaran yang terjadi pada sabtu malam tersebut menghanguskan seluruh bilik bangunan rumah betang yang ada hanya tersisa puing saja hingga rata dengan tanah.

Dimana kejadian tersebut terjadi sangat cepat sehingga banyak warga yang mendiami rumah betang tersebut tidak bisa menyelamatkan barang serta harta benda mereka lainnya.

Menurut penuturan bapak Paimba' warga yang berdomisili di rumah betang tersebut, ia baru saja akan beristirahat karena kecapean, dan tiba-tiba mendengar teriakan histeris dan sontak saja ia terkejut dan bangun.

"Saya mendengar teriakan dengan menyebut api! api!, sontak saya keluar dan melihat sudah ada kobaran api mulai membesar," tuturnya.

Melihat sudah ada api membesar, lantas saya mengajak keluarga saya serta warga lainnya untuk keluar rumah untuk menyelamatkan diri, tambahnya.

"Karena api dengan begitu cepat membakar, tidak banyak yang bisa saya selamatkan baik harta benda serta surat-surat penting lainnya habis terbakar. Tapi bersyukur saya dan keluarga masih bisa menyelamatkan diri," jelas Paimba', kepada media ini, Sabtu (17/10) malam.

Dari pantauan media ini si lapangan, rumah betang yang terbakar tersebut tinggal menyisakan puing-puing saja dan rata dengan tanah.

Para korban kebakaran juga tampak mengungsi dirumah-rumah tetangga serta keluarga mereka. Tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut dan semua warga rumah betang berhasil menyelamatkan diri.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui pasti penyebab kebakarannya serta total kerugiannya, dan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. [Okta]


uncak