Kasus Pertama Pasien Positif Covid-19 di Kapuas Hulu Meninggal Dunia

Kategori Berita

Kasus Pertama Pasien Positif Covid-19 di Kapuas Hulu Meninggal Dunia

Ilustrasi.
KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com - Kasus Covid-19 di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinai Kalimantan Barat kembali bertambah, dimana salah satu pasien yang terkonfirmasi Covid-19 meninggal dunia.
"Benar bertambah satu kasus lagi hari ini yang terkonfirmasi Covid-19 dan meninggal dunia", kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, kepada awak media, Jumat (23/10/2020).

Dikatakan Nazarudin, pasien berinisial SU (53) merupakan Pimpinan Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Putussibau yang sempat dirawat selama 3 hari diruang IGD RSUD Achmad Diponegoro Putussibau, dimana berdasarkan hasil RT-PCR yang keluar pada Jumat (23/10/2020), yang bersangkutan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Setelah dirawat beberapa hari di RSUD Putussibau, yang bersangkutan akan dirujuk ke Rumah Sakit Ade Mohammad Djoan Sintang. Namun dalam perjalanan yang bersangkutan meninggal dunia pada Rabu (21/10/2020), terangnya.

"Sebelum meninggal SU sudah diambil swab dan yang bersangkutan dikatakan sebagai kasus Probable Covid-19, karena diyakini sebagai suspek dengan ISPA berat atau meninggal dengan gambaran klinis yang meyakinkan Covid-19 dan belum ada hasil pemeriksaan laboratorium RT-PCR", jelas Nazarudin.

Karena yang bersangkutan meninggal dengan hasil reaktif dan kasus Probable Covid-19, maka pemakaman jenazah pun dilakukan sesuai standar protokol kesehatan di pemakaman khusus di Kecamatan Putussibau Selatan, pada Rabu lalu (21/10) sekitar pukul 10:00 WIB, tuturnya.

"Selanjutnya kita akan melakukan kontak pressing dan penyelidikan epidemiologi baik di kantornya maupun tempat beliau di rawat yaitu di RSUD Achmad Diponegoro Putussibau serta untuk semua petugas IGD tempat (SU) dirawat seluruhnya sudah di ambil sampel swabnya dan malam ini kita akan antar ke Sintang untuk di uji", katanya.

Kemudian ia menyebutkan bahwa terkait penutupan pelayanan di RSUD Achmad Diponegoro Putussibau tersebut memang benar adanya terutama Ruang IGD dan dua ruangan lainnya yang terlebih dahulu sudah di tutup, terangnya.

"Terkait penutupan pelayanan kesehatan dibeberapa ruangan tersebut untuk sementara kita tutup dan dialihkan pelayanannya ke Puskesmas Putussibau Utara dan Selatan terhitung mulai tanggal 24 Oktober 2020 sampai menunggu hasil swab nya keluar", jelas Nazarudin. 

Sampai saat ini, Sabtu (24/10/2020) terkait total yang terkondirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kapuas Hulu berjumlah 53 orang, dimana dari 53 orang yang terkonfirmasi Covid-19 tersebut 1 orang diantaranya meninggal dunia, sementara 50 orang lainnya dinyatakan sembuh dan 2 orang lainnya masih dalam masa isolasi sambil menunggu hasil swab selanjutnya, ungkapnya. [Okta]

Editor: (Amrin)

uncak