Gandeng PKK Teluk Sindur, PDD Polnep Kapuas Hulu Gelar Pelatihan Mengolah Potensi Buah Lokal

Kategori Berita

Gandeng PKK Teluk Sindur, PDD Polnep Kapuas Hulu Gelar Pelatihan Mengolah Potensi Buah Lokal

Kegiatan PDD Polnep Kapuas Hulu bersama PKK Desa Teluk Sindur, Jumat (25/10/2020).

KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat PDD Politeknik Negeri Pontianak Jurusan Teknologi Pertanian Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (Prodi TPHP) berkesempatan berbagi pengetahuan dan keterampilan olahan pangan berbasis buah lokal kepada Kelompok PKK di Desa Teluk Sindur Kecamatan Bika Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat, pada Jumat (25/10/2020).

PKM kali ini diketuai oleh Vika Yudistina, SP.,MP dengan anggota dari dosen, teknisi dan staf administrasi dan mahasiswa Prodi TPHP PDD Polnep Kapuas Hulu sebagai pelaksana dan mentor kegiatan, yang mana Tim PKM  di dampingi langsung oleh Kepala Desa Teluk Sindur, Vinsensius Viktor Anes.

Dalam sambutannya, Ketua Tim PKM PDD Polnep Kapuas Hulu, Vika Yudistina, SP.,MP mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kades Teluk Sindur beserta aparat desa dan peserta pelatihan dari PKK karena Tim PPM telah disambut dengan baik di desa tersebut.
Hasil olahan buah kolang-kaling yang menjadi potensi lokal.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan karena kedatangan kami disambut dengan sangat baik dan antusias", ucap Vika.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat merupakan salah satu kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan bagi dosen, berbagi ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan disiplin ilmu kami yaitu pengolahan hasil perkebunan, lanjutnya.

Kegiatan PKM di Desa Teluk Sindur kali ini difokuskan pada Diversifikasi Potensi Buah Lokal Kolang Kaling sebagai potensi lokal desa Teluk Sindur, berupa olahan Manisan Basah, Manisan Kering, Selai, Kerupuk dan Fruit Leather dengan bahan dasar kolang kaling.
Foto bersama.

Dengan adanya kegiatan PKM ini diharapkan kedepannya, Ibu-ibu PKK memiliki kemampuan membaca peluang bisnis wirausaha terutama untuk produk olahan buah lokal dari kolang kaling dalam upaya meningkatkan nilai tambah dan nilai guna buah lokal dalam memperbaiki perekonomian masyarakat setempat. 

"Seminimal mungkin produk yang kami ajarkan dipraktekkan dirumah menjadi sajian keluarga", pesannya kepada peserta yang hadir.

Ditempat yang sama, Vinsensius Viktor Anes selaku Kepala Desa Teluk Sindur juga menyampaikan harapan yang besar kepada Tim PKM PDD Polnep Kapuas Hulu, agar kedepannya bukan hanya tambahan ilmu dan keterampilan buah lokal saja yang diberikan kepada masyarakat Teluk Sindur tapi potensi lokal yang lain, harapnya.

Penulis: (Midun/Tim)
Editor: (Amrin)

uncak