Jhon Itang: Tugas dan Fungsi Wakil Bupati di Pemerintahan Bukan Sebagai 'Ban Serap'

Kategori Berita

Jhon Itang: Tugas dan Fungsi Wakil Bupati di Pemerintahan Bukan Sebagai 'Ban Serap'

Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu (H. Hamdi Jafar - Jhon Itang Oe).
KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com - Pesta demokrasi Pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang sudah memasuki tahapan pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang sudah dijadwalkan KPU mulai tanggal 4-6 September 2020.

Dimana, salah satu bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu (H. Hamdi Jafar - Jhon Itang Oe) yang ikut dalam kontestasi Pilkada di Kapuas Hulu sudah mendaftar ke KPU Kapuas Hulu pada tanggal 6 September 2020.

Usai mendaftar, bakal paslon Wakil Bupati Kapuas Hulu Jhon Itang Oe, menyampaikan pesan satu hal dihadapan ratusan relawan maupun simpatisannya terkait isu yang beredar jika Wakil Bupati merupakan 'ban serap'.

"Jika yang memahami Undang-Undang atau peraturan tentang pemerintah daerah, jelas sudah diatur tugas dan fungsi kepala daerah maupun wakil kepala daerah," katanya, Minggu (6/9).

Dimana salah satu tugas dan fungsi kepala daerah yaitu pengawasan, sehingga melekat pula tugas dan fungsi wakil kepala daerahnya disitu, tapi bukan sebagai 'ban serap' seperti yang diisukan selama ini, jelasnya.
Lebih lanjut Jhon Itang menjelaskan, bahwa tugas pengawasan merupakan yang nomor satu, bukanlah sebagai ban serap. Sebab tanpa pengawasan pembangunan daerah tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

"Jadi, bapak ibu jangan marah, semyum saja jika diluar ada orang yang menyampaikan pemahaman seperti itu. Yang artinya, bapak ibu sudah tau jika orang tersebut tidak memahami aturan tentang pemerintah daerah, tentang tugas dan fungsi Bupati dan Wakil Bupati," pesannya.

Selain itu, Pilkada ini bukan ajang memilih pemimpin agama maupun suku, tapi kita memilih pemimpin pemerintahan daerah, tuturnya.

"Seorang pemimpin daerah itu bukan coba-coba, tetapi bukan juga untuk baru belajar, sihingga diharapkan pemimpin yang memang sudah terbiasa bekerja dan tidak perlu belajar lagi," ungkapnya.

Diharapkan juga kepada kita semua baik teman maupun relawan supaya kita menjadi tim yang tangguh serta bisa selalu bersahabat dengan orang lain.

Hindarilah rasa iri, benci, memfitnah serta saling menjelekkan terhadap pasangan lain, tetapi kita fokus untuk meraih kemenangan. "Satu yang kita harapkan adalah menang. Tetapi menang dengan ikhlas, tulus dan murni dari usaha kita bersama", ujar Jhon Itang.
Sebagai calon Wakil Bupati, saya akan mencoba menerapkan diri dengan menetapkan diri saya sebagai wakil yang baik, ucapnya.

Oleh karena itu, bagi kita semua yang hadir bisa sebagai penyambung lidah kepada saudara-saudara kita di kampung supaya mereka ikut mendukung calon Bupati Kapuas Hulu pak Hamdi Jafar dan Wakilnya Jhon Itang, harapnya.

Kepada kita semua jika pulang kerumah jangan langsung masuk kamar. Bapak ibu langsung bersihkan badan dengan mandi, pakaian yang kita pakai langsung simpan diluar dan dicuci, pesan Jhon Itang.

Karena di zaman Corona atau pandemi Covid-19 saat ini penyakit atau virus diluar itu tidak nampak, sehingga kita tidak tahu apakah kita ada membawa penyakit atau tidak. Kasihan keluarga kita serta anak istri kita dirumah, jelasnya.

"Tetap jaga kesehatan dengan jalankan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah," harapnya. (Amrin)
uncak