BPBD Kapuas Hulu Himbau Warga Tetap Waspada Akan Banjir Susulan

Kategori Berita

BPBD Kapuas Hulu Himbau Warga Tetap Waspada Akan Banjir Susulan

Kondisi banjir di beberapa desa di wilayah Kecamatan Putussibau Utara.
KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com - Curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, kembali membuat beberapa sungai meluap sehingga mengakibatkan beberapa daerah terendam banjir. 

"Benar, jika hari ini sudah ada beberapa daerah yang terendam banjir curah hujan yang tinggi semalaman," kata Gunawan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu, Selasa (22/9/2020). 

 Dari informasi awal pagi ini yang dapat tim dilapangan, bahwa sudah ada beberapa Desa di beberapa Kecamatan di wilayah Kapuas Hulu yang sudah terendam banjirnya, di antaranya Kecamatan Putusaibau Utara, Putussibau Selatan, dan Embaloh Hulu, ungkapnya. 

 Untuk Kecamatan Putussibau Utara ada Desa Sibau Hilir, Sibau Hulu, Tanjung Lasa, Sungai Uluk Palin, serta beberapa Desa yang berada di wilayah mendalam. "Ini data awal sementara dari laporan tim dilapangan dan sampai saat ini tim juga masih memonitor dilapangan daerah-daerah yang sudah terendam banjirnya", jelas Gunawan.

Bahkan informasi yang disampaikan Camat Embaloh Hulu, akibat meluapnya sungai Embaloh dari hulu sungai, sudah ada daerah yang mulai terendam, salah satunya Desa Ulak Pauk dimana jalan masuk di Simpang Apan menuju desa tersebut sudah terendam air, terangnya. 

Untuk Desa Bungan Kecamatan Putussibau Selatan, air sudah membanjiri desa tersebut di wilayah perhuluan sungai kapuasnya, tambahnya. "Kami juga dari BPBD bersama tim lainnya masih berada dilapangan guna mengumpulkan data dengan mengecek langsung daerah yang terdampak banjir yang terjadi hari ini," tuturnya. 

Selain itu, kita juga meminta kerjasamanya dari pihak desa agar menyampaikan data-data serta kondisi dilapangan secepatnya, agar kita bisa segera mengambil langkah yang cepat, tepat dan terencana dalam upaya penanggulangan banjirnya, pinta Gunawan.

"Saya menghimbau agar masyarakat yang terdampak banjir harus tetap waspada terhadap hal-hal yang tidak diinginkan. Tetap waspada dengan kemungkinan banjir susulannya," himbaunya. (Amr)

uncak