Lagi-lagi, Kencana Group Bantu Alat Damkar di Empat Desa di Perbatasan

Kategori Berita

Lagi-lagi, Kencana Group Bantu Alat Damkar di Empat Desa di Perbatasan

Penyerahan Sarpras PT. SKK, untuk Desa Kantuk Asam, bertempat di kantor desa setempat, Rabu 
KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com - Lagi-lagi Kencana Group Region Empanang melalui anak perusahaannya yakni PT. KPI, PT. SKK, dan PT. CNI, yang merupakan perusahaan, yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, kembali menyerahkan bantuan berupa alat pemadam kebakaran (damkar) hutan dan lahan kepada empat (4) desa di Kecamatan Empanang dan Puring Kencana, wilayah perbatasan RI-Malaysia, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

Penyerahan bantuan alat damkar di empat desa tersebut dimulai sejak 24 - 27 Agustus 2020.

Penyerahan Alat Sarpras Karhutla PT. CNI untuk desa Sungai Antu, Kecamatan Puring Kencana, bertempat di kantor desa setempat, Kamis (27/8/2020).
Keempat desa tersebut yakni Desa Keling Panggau dan Desa Bajau Andai di Kecamatan Empanang serta Desa Kantuk Asam dan Desa Sungai Antu di Kecamatan Puring Kencana.

Regional Controller Kencana Group Region Empanang, Alpinco Tarigan, mengatakan, hal itu dilakukan setelah sebelumnya di empat desa tersebut dibentuk Tim Kesiapsiagaan Tanggap Darurat (KTD) Desa, yang juga bekerjasama dengan Kecamatan, Polsek, dan Koramil setempat.

"Peralatan pemadam kebakaran yang diberikan terdiri dari peralatan perorangan yaitu baju seragam, sepatu boot, helm, kacamata, masker asap, dan senter kepala, serta peralatan regu diantaranya mesin pompa jinjing, selang hisap, selang keluar, nozel, garu tajam, sekop, gepyok api, pompa punggung dan parang tebas," ujar Alpinco kepada media ini, Jumat (28/8).

Disampaikan Alpinco, pemberian peralatan damkar tersebut merupakan salah satu bukti komitmen keseriusan Kencana Group dalam melaksanakan penanggulangan Karhutbunla.

"Setelah sebelumnya membentuk dan melatih Tim Kesiapsiagaan Tanggap Darurat (KTD) di Desa Keling Panggau, Bajau Andai, Kantuk Asam, dan Sungai Antu yang masing-masing terdiri dari 15 orang, sekarang perusahaan juga melengkapi mereka dengan peralatan damkar," paparnya.

Penyerahan Sarpras di Desa Bajau Andai.
Menurut Alpinco, tujuan dari pemberian bantuan tersebut adalah agar mereka bisa melaksanakan tugas penanggulangan karhutbunla di wilayah sekitar mereka.

"Tujuannya tidak lain adalah agar mereka bisa melaksanakan tugas penanggulangan karhutbunla di wilayah sekitar mereka," ungkap Alpinco Tarigan.

Sementara itu, Kepala Desa Keling Panggau, Ishak Imanuel, mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Kencana Group.

"Saya mewakili masyarakat Desa Keling Panggau, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak perusahaan dalam hal ini Kencana Group atas bantuan alat damkar yang diberikan ini. Semoga peralatan ini dapat kami gunakan dengan baik dan bisa memberikan manfaat untuk masyarakat kami khususnya untuk kegiatan penanggulangan kebakaran di Desa kami, di mana saat ini juga sudah mulai banyak masyarakat kami yang membuka lahan dengan membakar untuk berladang sebagaimana diatur dalam Pergub Kalbar No. 103 Tahun 2020 tentang Pembukaan Lahan Berbasis Kearifan Lokal," ucap Ishak.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Sungai Antu, Andreas Sadi. Dikatakannya, pihak Kencana Group sangat peduli dalam membantu masyarakat untuk penanggulangan Karhutla.

Penyerahan Sarpras di Desa Keling Panggau.
"Terimakasih kepada pihak perusahaan yang membantu masyarakat kami dalam menanggulangi masalah karhutla khususnya di desa kami. Dari inisiatif membentuk Tim KTD, melatihnya, sampai memberikan bantuan peralatan pemadam kebakaran. Dengan adanya bantuan ini, kami bisa gunakan untuk mengawal masyarakat kami yang akan melakukan pembukaan lahan ke depannya," tutur Andreas.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Kantuk Asam, Bambang Irawan menghimbau kepada Tim KTD Kantuk Asam, agar menjaga dan merawat alat damkar yang diberikan perusahaan tersebut.

"Terimakasih kami sampaikan kepada Perusahaan atas bantuan alat damkarnya. Kepada Tim KTD Kantuk Asam, marilah kita sama-sama merawat apa yang telah diberikan pihak perusahaan ini," imbaunya.

Selain itu, Muspika Puring Kencana, yang diwakili Danramil Puring Kencana, R. Edy Firmansyah, yang juga turut hadir dalam kegiatan itu, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pihak perusahaan.

"Kita patut mengapresiasi dan bersyukur atas apa yang dilakukan oleh Kencana Group yang telah peduli kepada masyarakat dengan memberikan bantuan alat damkar ini. Saya harap agar pihak desa dapat menggunakan alat tersebut sesuai dengan peruntukannya serta menjaga dan merawat alat-alat tersebut dengan baik," tegasnya. [Noto]
uncak