Debit Air Makin Naik, BPBD Kapuas Hulu Himbau Tetap Waspada

Kategori Berita

Debit Air Makin Naik, BPBD Kapuas Hulu Himbau Tetap Waspada

Kondisi banjir di Jalan Danau Kayan, Putussibau Kota, Kecamatan Putussibau Utara, hingga Rabu malam (15/7/2020).
KAPUAS HULU, KapuasRayaNews.com - Akibat curah hujan yang cukup tinggi di Kapuas Hulu Kalimantan Barat dalam sepekan terakhir, membuat sungai kapuas meluap dan merendam sejumlah wilayah di Kecamatan Bunut Hulu, Kalis, Bika, Embaloh Hilir, Putussibau Utara, Putussibau Selatan serta sejumlah kecamatan di pesisir sungai kapuas.

Namun, dari pantauan KapuasRayaNews.com langsung di lapangan, Rabu (15/7/2020) beberapa titik diwilayah Putussibau Utara dan Putussibau Selatan air dengan begitu cepat membanjiri khususnya Kota Putussibau Kapuas Hulu.

Bahkan hingga malam banjir belum juga kunjung surut. Debit airnya pun semakin bertambah naik.

Seperti di Jalan Danau Kayan Kelurahan Putussibau Kota, Kecamatan Putussibau Utara, debit air makin bertambah dengan ketinggian air dari 40-60 cm.

Bahkan di Jalan Danau Kayan Gg. Swasta hampir merata rumah warga sudah terendam banjir, karena daerahnya sangat rendah.

Selain itu masih banyak titik-titik khususnya di Putussibau Kota, Hilir Kantor, Teluk Barak Kedamin Hilir serta Tanjung Jati yang sudah terendam banjir sejak Rabu pagi.

Menyikapi kondisi tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan, menghimbau kepada seluruh masyarakat yang terkena dampak banjirnya agar selalu waspada.

"Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat yang terkena dampak banjir harus tetap waspada dalam menyikapi tingginya curah hujan," himbau Gunawan.

Selain itu tambahnya, kita harus tetap lebih berhati-hati terhadap situasi dan kondisi banjir yang sedang melanda saat ini.

Dari pantauan hinga saat ini khususnya di Putussibau Utara dan Putussibau Selatan debit airnya makin bertambah. "Mudah-mudahan debit airnya hingga Rabu malam ini tidak bertambah naik dan banjirnya bisa cepat surut," ujarnya saat di hubungi KapuasRayaNews.com via WhatsApp, Rabu malam (15/7).

Gunawan juga meminta kepada pemangku kepentingan yang ada di kecamatan agar mengingatkan warga di wilayahnya masing-masing dalam menyikapi curah hujan yang cukup tinggi dengan melaporkan kondisi banjir kepada Pemerintah Daerah melalui BPBD Kapuas Hulu.

"Pastinya kita selalu siap di posko jika ada laporan serta hal-hal yang terjadi," ungkapnya. (Amrin)
uncak